Pengetahuan Yang Baik dan Yang Jahat

 



Selasa, 2 Pebruari 2020


Bacaan Alkitab Setahun: Imamat 10-12


Imamat 10:10-11 (TB)  Haruslah kamu dapat membedakan antara yang kudus dengan yang tidak kudus, antara yang najis dengan yang tidak najis,
dan haruslah kamu dapat mengajarkan kepada orang Israel segala ketetapan yang telah difirmankan TUHAN kepada mereka dengan perantaraan Musa."


Salah satu akibat manusia Adam dan Hawa memakan buah pohon pengetahuan yang baik dan yang jahat adalah mereka bisa membedakan antara yang baik dan yang jahat. Akan tetapi karena dosa, kecenderungan semata-mata adalah untuk melakukan yang jahat sekalipun sebenarnya tahu yang baik.


Tuhan berfirman kepada Harun agar dapat membedakan antara yang kudus dan yang tidak kudus dan mengajarkan segala ketetapan Tuhan kepada bangsa Israel.


1. Mengalami perubahan akal budi


Roma 12:2 (TB)  Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.


Manusia duniawi tidak dapat membedakan yang kudus dengan tidak kudus. Mereka tidak dapat mengerti apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna. Oleh sebab itu kita harus mengalami perubahan akal budi dengan cara membaca dan merenungkan firman Tuhan setiap hari sehingga semakin mengerti kebenaran dan kehendak Allah.


2. Kecenderungan manusia duniawi melakukan dosa.


Roma 7:19-20 (TB)  Sebab bukan apa yang aku kehendaki, yaitu yang baik, yang aku perbuat, melainkan apa yang tidak aku kehendaki, yaitu yang jahat, yang aku perbuat.
Jadi jika aku berbuat apa yang tidak aku kehendaki, maka bukan lagi aku yang memperbuatnya, tetapi dosa yang diam di dalam aku.


Karena dosa masih ada dalam diri manusia sehingga cenderung melakukan dosa, sekalipun mengetahui kebenaran.
Oleh sebab itu jangan hidup di bawah kuasa dosa, tetapi dalam pimpinan Roh Kudus supaya kita dimampukan Allah untuk melakukan kebaikan, kebenaran dan kekudusan.


Matius 26:41 (TB)  Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan: roh memang penurut, tetapi daging lemah."


Marilah kita terus mengisi kehidupan rohani kita dengan firman Tuhan serta hidup dalam pimpinan Roh Kudus sehingga bukan hanya mampu membedakan yang baik dan yang jahat tetapi juga dimampukan untuk melakukan yang baik serta menjauhi yang jahat. Haleluya, Tuhan memberkati. (Ps.BW)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages