Bolehkah Bersumpah?



Kamis, 3 November 2016

Yakobus 5:12 (TB) Tetapi yang terutama, saudara-saudara, janganlah kamu bersumpah demi sorga maupun demi bumi atau demi sesuatu yang lain. Jika ya, hendaklah kamu katakan ya, jika tidak hendaklah kamu katakan tidak, supaya kamu jangan kena hukuman.

Sumpah yang dimaksudkan dalam ayat tersebut adalah perkataan sumpah untuk meyakinkan, mempengaruhi orang lain atau membela diri, contohnya ...

"Sumpah, aku nggak mencuri!"
"Sumpah, aku nggak berbohong!"
"Demi Tuhan, aku tidak main-main!"
"Sumpah mati, aku jatuh cinta sama dia!"

Tentang pernyataan tersebut kita tidak boleh menggunakan kata sumpah atau demi ....

Seringkali orang mengucapkan kata sumpah karena latah atau kebiasaan, meniru teman-teman sepergaulan sehingga seringkali tidak tahu akibatnya.

Ada contoh ucapan sumpah di Alkitab untuk membela diri dan kita tahu Petrus berbohong,
Matius 26:74 (TB) Maka mulailah Petrus mengutuk dan bersumpah: "Aku tidak kenal orang itu." Dan pada saat itu berkokoklah ayam.

Alkitab jelas mengatakan kalau ya katakan ya, kalau tidak katakan tidak. Jadi tidak perlu embel-embel kata sumpah atau demi ... untuk meyakinkan orang lain atau membela diri. Dalam hal ini, Tuhan mengajarkan kepada kita untuk selalu berkata jujur. Bila kita ingin membuat komitmen, berjanjilah dan berusaha sungguh-sungguh untuk menepati janji itu.

Bagaimana dengan sumpah jabatan atau sumpah saksi di pengadilan? Nah, tentang hal ini berbeda dengan konteks ayat tersebut. Sumpah jabatan berkaitan dengan janji seseorang yang menerima jabatan baru, seringkali dalam mengucapkan janji atau sumpah didampingi oleh rohaniawan. Demikian juga sumpah / janji di pengadilan adalah prosedur hukum agar seorang saksi menjauhi berkata bohong atau saksi dusta. Dalam hal ini diijinkan karena merupakan penundukan dan penghormatan kita kepada negara, otoritas yang Tuhan tempatkan di atas kita, akan tetapi tidak menggunakan kata bersumpah, melainkan berjanji di hadapan Tuhan. Referensi tautan https://goo.gl/images/raLHDF


Together Impactful,
Ps. Budi Wikanto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages