Tuhan Melakukan Jauh Lebih Banyak




Rabu, 6 Maret 2019

Bacaan Alkitab Setahun: Yosua 10-12

Yosua 10:11 (TB)  Sedang mereka melarikan diri di depan orang Israel dan baru di lereng Bet-Horon, maka TUHAN melempari mereka dengan batu-batu besar dari langit, sampai ke Azeka, sehingga mereka mati. Yang mati kena hujan batu itu ada lebih banyak dari yang dibunuh oleh orang Israel dengan pedang.

Ada saat di mana kita mengalami kemenangan atas masalah atau musuh-musuh kita. Ada orang yang merasa kemenangan, kesuksesan atau berkat terjadi karena usaha mereka. Anak sekolah yang berprestasi merasa karena mereka belajar dengan rajin. Pengusaha yang sukses merasa karena mereka telah bekerja keras sehingga mencapai sukses. Bahkan para hamba Tuhan yang berhasil merasa bahwa mereka telah melayani dengan tidak mengenal lelah.

Bagaimana cara pandang kita tentang siapa yang membuat sukses?
Ayat tersebut menegaskan "Yang mati kena hujan batu itu ada lebih banyak dari yang dibunuh oleh orang Israel dengan pedang."

1. Peranan manusia dalam sukses adalah sedikit.
Coba bayangkan bahwa kemampuan manusia sangat terbatas dibanding kemahakuasaan Tuhan. Manusia terdiri dari darah dan daging yang sangat rawan terhadap sakit dan kecelakaan. Manusia memiliki batas kekuatan. Artinya kemampuan manusia dalam mencapai sukses sangat terbatas.

2. Peranan Tuhan dalam sukses jauh lebih banyak.
Coba bayangkan seandainya Tuhan tidak memberikan kesehatan, kekuatan, kesempatan dan hikmat apakah manusia bisa sukses? Tuhan melakukan dengan cara tersembunyi jauh lebih banyak daripada apa yang kita pikirkan dan doakan.

Efesus 3:20 (TB)  Bagi Dialah, yang dapat melakukan jauh lebih banyak dari pada yang kita doakan atau pikirkan, seperti yang ternyata dari kuasa yang bekerja di dalam kita.

Amsal 10:22 (TB)  Berkat TUHANlah yang menjadikan kaya, susah payah tidak akan menambahinya.

Jika Anda berhasil tetaplah rendah hati dan mengucap syukur kepada Tuhan. Sebab peranan Tuhan dalam kesuksesan Anda jauh lebih banyak daripada segala usaha Anda. Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages