Isteri Yang Cakap



Jumat, 13 Juli 2018

Bacaan Alkitab Setahun: Amsal 28-31

Amsal 31:10 (TB)  Isteri yang cakap siapakah akan mendapatkannya? Ia lebih berharga dari pada permata.

Kita sering mendengar peribahasa, "Di balik kesuksesan suami, selalu ada isteri yang hebat." Apakah artinya? Marilah kita akan belajar dari Amsal 31.

Amsal 31 adalah nasihat bijaksana dari seorang ibu kepada anaknya Lemuel, raja Masa. Bila kita meneliti sejarah kerajaan-kerajaan pada zaman Perjanjian Lama, kita tidak akan menemukan Kerajaan Masa. Dalam bahasa aslinya "Masa" memiliki arti nubuat. Dalam bahasa sehari-hari masa berarti waktu. Sehingga dapat kita simpulkan ibu dari raja tersebut memberi nasehat-nasehat agar anaknya mendengarkannya sehingga kerajaannya kokoh sepanjang waktu. Demikian juga kita tidak akan menemukan Raja Lemuel dalam arti yang sebenarnya. Mengingat penulis Kitab Amsal adalah Salomo, maka kita percaya nama Lemuel adalah Salomo. Dalam bahasa Ibrani, Lemuel berarti taat, berbakti atau mempersembahkan hidupnya kepada Tuhan.

Mengapa nasehat ini diberikan di akhir kitab Amsal? Ibu dari Salomo telah melihat Salomo diberkati dengan hikmat dan berhasil dalam memerintah Kerajaan Israel. Namun sepanjang umurnya ia melihat kelemahan-kelemahan Salomo, di antaranya adalah Salomo mencintai perempuan-perempuan cantik dan perempuan-perempuan asing, sehingga membuat hatinya menjauh dari Tuhan. Ibu Lemuel yang sebenarnya adalah Batsyeba, ingin mengajarkan bahwa seorang suami haruslah setia kepada istrinya dan menghargai setiap perjuangan dan kerja keras isteri yang telah setia mendukungnya.

Berikut ringkasan puji-pujian untuk isteri yang cakap.

1. Isteri yang setia (Amsal 31:11-12)
2. Isteri yang rajin bekerja (Amsal 31:13-19, 25)
3. Isteri yang murah hati (Amsal 31:20)
4. Isteri yang melayani keluarga (Amsal 31:20-21, 27)
5. Isteri yang tegar dan optimis (Amsal 31:25)
6. Isteri yang memiliki hikmat (Amsal 31:26)
7. Isteri yang memiliki kecantikan batiniah (Amsal 31:30)

Hai para suami, pujilah dan hormatilah isterimu? Jangan mencari-cari kekurangannya, sebaliknya lihatlah kelebihannya yang selama ini telah mendukung engkau. Isteri yang dipuji dan dicintai semakin setia melayani dan mendukungmu. Biarlah nasehat ini akan menguatkan dan membuat keluargamu semakin harmonis. Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages