Upah Mengikut Yesus

 


Rabu, 28 Oktober 2020


Bacaan Alkitab Setahun: Lukas 16-18


Lukas 18:29-30 (TB)  Kata Yesus kepada mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya setiap orang yang karena Kerajaan Allah meninggalkan rumahnya, isterinya atau saudaranya, orang tuanya atau anak-anaknya,
akan menerima kembali lipat ganda pada masa ini juga, dan pada zaman yang akan datang ia akan menerima hidup yang kekal."


Tekanan ekonomi dan kebutuhan yang mendesak mengakibatkan beberapa orang Kristen meninggalkan iman. Mereka meninggalkan Yesus karena tergiur oleh harta, tahta (kedudukan) atau wanita (pasangan hidup). Itu semua terjadi karena iman yang lemah dan tidak kuat dalam menjalani hidup yang penuh perjuangan.


Sesungguhnya telah disediakan upah bagi mereka yang setia mengikut Tuhan.


1. Upah selama hidup di bumi.
Ayat tersebut mengatakan "akan menerima kembali lipat ganda pada masa ini juga." Hal ini menunjukkan jika kita setia kepada Tuhan selama hidup, kita juga akan menerima upah atau berkat-Nya dalam kehidupan sehari-hari. Berkat itu bisa berupa perlindungan, sukacita, damai sejahtera, mujizat, pertolongan dan pemeliharaan-Nya. Tetapi seringkali tidak terjadi secara instan melainkan harus tekun dan bersabar. Jika kita memiliki iman yang kuat, kita akan tetap setia sekalipun banyak tawaran dunia yang menggiurkan.


2. Upah sesudah meninggal.
Ayat tersebut juga mengatakan "pada zaman yang akan datang ia akan menerima hidup yang kekal."
Hal ini menunjukkan upah yang akan kita terima di sorga (sesudah kita meninggal). Inilah bedanya dengan keyakinan yang lain, mungkin mereka bisa sukses di dunia tetapi tidak menerima upah sesudah meninggal.
Upah di sorga selain tinggal bersama Bapa juga menerima mahkota sebagai penghargaan yang Tuhan berikan atas jerih lelah dan pelayanan kita selama di bumi.


1 Petrus 5:4 (TB)  Maka kamu, apabila Gembala Agung datang, kamu akan menerima mahkota kemuliaan yang tidak dapat layu.


Jadi jangan hanya mengejar harta duniawi, sebaliknya kumpulkan harta di sorga dengan cara mengikut dan melayani Yesus dengan setia. Kiranya menguatkan iman kita sehingga tidak mudah goyah atau terombang-ambing oleh masalah maupun tawaran dari dunia. Selamat beraktifitas, Tuhan memberkati. (Ps.BW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages