Allah Mendengar Doa Kita



Rabu, 29 April 2020

Bacaan Alkitab Setahun: 2 Taw 4-6

2 Tawarikh 6:20 (TB)  Kiranya mata-Mu terbuka terhadap rumah ini, siang dan malam, terhadap tempat yang Kaukatakan akan menjadi kediaman nama-Mu — dengarkanlah doa yang hamba-Mu panjatkan di tempat ini.

Allah mendengar doa umat-Nya, berikut pemahaman menurut Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru.

1. Perjanjian Lama
Bait Suci yang telah dibangun oleh Salomo menjadi pusat ibadah bangsa Israel. 2 Taw 6:20 menyatakan bahwa kiranya Allah mendengar doa hamba-hamba-Nya yang berdoa di Bait Suci sebagai tempat kediaman-Nya.
Hal ini dibuktikan dengan pemahaman perempuan Samaria bahwa di Yerusalem tempat menyembah, menunjuk ke suatu tempat yaitu Bait Suci.
Yohanes 4:20 (TB)  Nenek moyang kami menyembah di atas gunung ini, tetapi kamu katakan, bahwa Yerusalemlah tempat orang menyembah."
Akan tetapi bangunan Bait Suci telah hancur sehingga orang tidak bisa beribadah sesuai dengan pola Perjanjian Lama. Walaupun bangsa Israel saat ini sedang membangun Bait Suci yang ketiga, tetapi ini bukan jawaban untuk umat Tuhan di seluruh dunia.

2. Perjanjian Baru
Bait Suci dalam Perjanjian Baru adalah kediaman Allah yang adalah Roh dalam diri orang percaya.
1 Korintus 6:19 (TB)  Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, — dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri?
Hal ini ditegaskan oleh Yesus menanggapi pengertian yang disampaikan orang Samaria bahwa penyembahan bukan berpusat di Yerusalem.
Yohanes 4:23 (TB)  Tetapi saatnya akan datang dan sudah tiba sekarang, bahwa penyembah-penyembah benar akan menyembah Bapa dalam roh dan kebenaran; sebab Bapa menghendaki penyembah-penyembah demikian.

Jadi sebagai kesimpulannya adalah ...
Orang percaya telah menjadikan tubuhnya sebagai kediaman Roh Allah, doa-doanya pasti didengar oleh Allah sebab Ia tinggal di dalam diri umat-Nya.
Satu lagi pengertian orang percaya adalah orang yang percaya kepada Tuhan Yesus dan hidup sesuai dengan firman-Nya.
Yakobus 5:16 (TB)  Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh. Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya.


Marilah kita memiliki keyakinan untuk percaya bahwa setiap doa-doa kita telah didengar oleh Tuhan. Tetaplah berdoa dengan setia, Tuhan memberkati. (Ps.BW)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages