Orang-orang Yang Berdalih

 




Jumat, 28 Oktober 2022


Bacaan Alkitab Setahun: Lukas 13-15


Lukas 14:18-20 (TB)  Tetapi mereka bersama-sama meminta maaf. Yang pertama berkata kepadanya: Aku telah membeli ladang dan aku harus pergi melihatnya; aku minta dimaafkan.

Yang lain berkata: Aku telah membeli lima pasang lembu kebiri dan aku harus pergi mencobanya; aku minta dimaafkan.

Yang lain lagi berkata: Aku baru kawin dan karena itu aku tidak dapat datang.


Yesus memberikan sebuah perumpamaan tentang perjamuan. Tuan rumah mengundang orang-orang yang ia kenal, tetapi mereka berdalih (beralasan) untuk tidak datang. Ada bermacam-macam alasan intinya mereka berdalih menolak undangan dan lebih menghargai urusan diri mereka sendiri.


Perjamuan melambangkan persekutuan dengan Tuhan. Tuhan Yesus memberikan undangan bagi kita, mulai dari bangun pagi hingga malam hari. Salah satunya saat pagi hari kita diundang untuk saat teduh dan bersekutu dengan Tuhan. Tetapi ada orang-orang yang berdalih sibuk, tidak punya waktu, lelah, ngantuk ... tetapi di sisi lain mereka mempunyai banyak waktu untuk aktif di media sosial, bermain game dan membaca berita melalui handphone.


Jangan banyak berdalih ketika Tuhan mengundang kita bersekutu dengan Dia. Berdalih (menolak panggilan Tuhan) akan merugikan diri sendiri. Kita adalah pribadi yang spesial dan berharga di mata Tuhan sehingga Tuhan memanggil kita untuk bersekutu dengan-Nya. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages