Diterangi Oleh Sinar Kemuliaan Tuhan

Sabtu, 9 Pebruari 2019

Bacaan Alkitab Setahun: Bilangan 4-6

Bilangan 6:25 (TB)  TUHAN menyinari engkau dengan wajah-Nya dan memberi engkau kasih karunia;

Bayangkan jika seseorang kehilangan benda yang sangat berharga. Ia mencarinya di tempat yang gelap, ya ... di tempat yang kotor. Ia menyinari kegelapan itu, dan sinar itu akan mendapati di mana benda itu berada. Sekalipun kotor, maka Ia akan mengambil dan membersihkannya serta menempatkan kembali di dalam rumahnya.

1. Sinar kemuliaan Tuhan menerangi kegelapan.
Pernahkan kita merenungkan, mengapa seseorang yang berdosa bisa bertobat? Bukan karena usahanya sendiri tetapi karena karunia Allah. Sinar kemuliaan Tuhan akan menerangi kehidupannya, sehingga ia menyadari dosanya, menyesal dan meminta pengampunan Tuhan. Jika kita memiliki persekutuan yang intim dengan Tuhan, terang Tuhan akan memenuhi hidup kita sehingga kita semakin disucikan dari dosa dan kelemahan kita. Sebaliknya jika kita menjauh dari Tuhan, semakin berada dalam zona kegelapan, maka dosa semakin berkuasa atas hidup kita.

2. Sinar kemuliaan Tuhan memberi kasih karunia.
Kasih karunia Tuhan memberikan pengampunan dan pemulihan.
Efesus 2:8 (TB)  Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah.
Kita menerima pengampunan bukan karena usaha atau perbuatan baik, melainkan karena pemberian dan kemurahan Tuhan yang mengampuni dosa-dosa kita. Kasih karunia semakin melimpah apabila kita hidup dalam persekutuan dan terang Tuhan.

3. Sinar kemuliaan Tuhan menerangi jalan yang kita tempuh.
Berjalan dalam kegelapan penuh dengan bahaya dan ketakutan. Tetapi bila sinar kemuliaan Tuhan menerangi kehidupan kita, maka kita juga akan berjalan dalam terang, dapat membedakan yang benar dan salah, dapat memilih jalan yang baik dan berkenan kepada Tuhan. Sinar kemuliaan Tuhan akan membuat kita optimis dalam menyongsong masa depan.

Efesus 5:8-10 (TB)  Memang dahulu kamu adalah kegelapan, tetapi sekarang kamu adalah terang di dalam Tuhan. Sebab itu hiduplah sebagai anak-anak terang, karena terang hanya berbuahkan kebaikan dan keadilan dan kebenaran,
dan ujilah apa yang berkenan kepada Tuhan.

Marilah kita hidup sebagai anak-anak terang sebab Tuhan telah menyinari kehidupan kita sehingga kita tidak lagi hidup dalam kegelapan. Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages