Rahasia Kekuatan Iman



Roma 12:12 (TB) Bersukacitalah dalam pengharapan, sabarlah dalam kesesakan, dan bertekunlah dalam doa!

Semasa kecil saya tinggal di desa. Tempat tinggal saya di dekat jalan raya. Sekitar era tahun 1970-an, hampir tiap tahun saya menyaksikan Rally ketangguhan mobil melewati jalan raya di depan rumah. Berbagai merek mobil mengikuti Rally tersebut. Mereka menempuh jarak Jakarta menuju Surabaya. Tidak jarang ada mobil yang tidak kuat ketahanan mesinnya sehingga mogok di pertengahan lomba.

Kehidupan kita seperti Rally jarak jauh. Dibutuhkan ketahanan dan kekuatan iman supaya kita bisa menyelesaikan akhir perlombaan. Seringkali masalah, tantangan, ujian dan pencobaan datang silih berganti. Namun jikalau kita setia sampai akhir kita akan menerima mahkota kehidupan.

Ada 3 hal yang membuat iman kita tetap kuat:

1. Bersukacita dalam pengharapan
Bersyukurlah untuk keselamatan yang Tuhan berikan, untuk janji-janji-Nya dan penyertaan-Nya dalam kehidupan kita. Bersyukurlah untuk masa depan yang indah Tuhan berikan. Miliki semangat menggapai impian dan cita-cita di dalam Tuhan.

2. Bersabar dalam kesesakan
Setiap masalah pasti ada jalan keluar. Namun untuk menemukan jalan keluar membutuhkan proses kesabaran. Jangan putus asa, jangan tawar hati, tetaplah bersabar sampai Tuhan berikan jalan keluar. Tuhan menjadikan segala sesuatu indah pada waktu-Nya.

3. Bertekun dalam doa
Doa adalah nafas kehidupan. Berhenti berdoa, berhenti juga kehidupan rohani kita. Sekalipun doa kita belum terjawab, tetaplah bertekun. Mendekat kepada-Nya dan nantikanlah Dia. Doa akan membawa kita kepada dimensi kekuatan iman sebab kita menghadapi segala perkara bersama-Nya.


Together Impactful,
Ps. Budi Wikanto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages