Terbuka Di Hadapan Tuhan

 



Senin, 27 Juni 2022


Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 116-120


Mazmur 119:168 (TB)  Aku berpegang pada titah-titah-Mu dan peringatan-peringatan-Mu, sebab seluruh hidupku terbuka di hadapan-Mu.


Kita mungkin mengenal istilah gaul yaitu "jaim" atau jaga image. Seseorang dengan berbagai cara dapat menjaga reputasi atau gambar dirinya sekalipun harus berbohong kepada orang lain. Seseorang juga bisa memakai "topeng" untuk menutupi segala kesalahan maupun kelemahannya. Ya memang manusia bisa menutupi keadaan dirinya di hadapan orang lain, sebab manusia hanya melihat luarnya saja. Tetapi manusia tidak dapat lari dari hadapan Tuhan sebab Ia Mahatahu sampai kedalaman hati kita.


Daud menyadari bahwa seluruh hidupnya terbuka di hadapan Tuhan, sebab itu Ia berpegang pada titah-titah dan perintah-perintah Tuhan. Orang yang menyadari siapa dirinya akan hidup taat kepada firman Tuhan. Tetapi orang yang lupa jati dirinya akan hidup semau sendiri tanpa mempedulikan Tuhan.

Marilah kita menyadari kehidupan kita seluruhnya terbuka di hadapan Tuhan. Dengan cara apapun kita tidak bisa menutupi segala dosa dan kesalahan kita. Oleh sebab itu jujurlah di hadapan Tuhan. Jadikanlah firman Tuhan sebagai alat untuk mengoreksi hidup kita. Firman Tuhan akan menegur dan mengingatkan kita meskipun orang lain tidak ada yang tahu.


Mazmur 139:7-10 (TB)  Ke mana aku dapat pergi menjauhi roh-Mu, ke mana aku dapat lari dari hadapan-Mu?
Jika aku mendaki ke langit, Engkau di sana; jika aku menaruh tempat tidurku di dunia orang mati, di situ pun Engkau.
Jika aku terbang dengan sayap fajar, dan membuat kediaman di ujung laut,
juga di sana tangan-Mu akan menuntun aku, dan tangan kanan-Mu memegang aku.


Dengan jujur dan menyadari hidup kita terbuka di hadapan Tuhan maka akan melahirkan sikap hidup yang takut akan Tuhan. Semoga renungan ini membuat kita sadar sehingga kita semakin berkenan kepada kepada Tuhan. Tuhan Yesus memberkati. (Ps.BW)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages