Pemeliharaan Tuhan Di Padang Gurun



Kamis, 16 Mei 2019

Bacaan Alkitab Setahun: Nehemia 7-9

Nehemia 9:21 (TB)  Empat puluh tahun lamanya Engkau memberikan mereka makan di padang gurun. Mereka tidak berkekurangan, pakaian mereka tidak rusak, dan kaki mereka tidak bengkak.

Tuhan membawa bangsa Israel menuju ke Tanah Kanaan dengan melewati padang gurun. Waktu yang dibutuhkan dalam padang gurun ini adalah 40 tahun. Sebuah periode waktu yang sangat lama, satu generasi. Keadaan padang gurun tidaklah seperti di Mesir. Tidak ada bahan makanan atau fasilitas seperti di kota. Tetapi Tuhan menunjukkan kuasa-Nya untuk memelihara bangsa Israel selama perjalanan di padang gurun.

Berdasarkan ayat tersebut minimal ada 3 pemeliharaan Tuhan:

1. Menyediakan makanan di padang gurun.
Setiap hari Tuhan menyediakan makanan berupa manna di pagi hari dan burung puyuh di sore hari.

2. Memberkati pakaian mereka sehingga tidak rusak.
Pakaian yang dikenakan bangsa Israel selama 40 tahun di padang gurun tidak rusak. Tidak kedinginan di waktu malam dan kepanasan di waktu siang.

3. Memberkati kesehatan dan kekuatan tubuh mereka.
Kaki mereka tidak bengkak ketika berjalan, bahkan juga kasut mereka tidak rusak.

Perjalanan padang gurun dalam kehidupan kita berbicara mengenai pergumulan hidup atau memikul salib. Dalam perjalanan ini banyak hal terjadi, ada kebutuhan yang mungkin belum terpenuhi sesuai keinginan kita. Tetapi pemeliharaan Tuhan terjadi atas segala yang menjadi kebutuhan kita. Tuhan tetapi memelihara kita dengan kebutuhan dasar seperti makanan, pakaian dan kesehatan.

Mengucap syukurlah untuk segala yang Tuhan sediakan ketika kita dalam pergumulan. Jangan mengeluh atau putus asa ketika yang kita terima masih terbatas. Percayalah segera kita akan masuk ke Tanah Kanaan yang penuh dengan susu dan madu. Sebuah pemenuhan yang melebihi kebutuhan dasar dan berkat yang tidak terbatas. Tuhan memberkati. (Ps.BW)

1 komentar:

Pages