Ku Tak Dapat Jalan Sendiri


Senin, 21 Januari 2019

Bacaan Alkitab Setahun: Keluaran 13-15

Keluaran 14:8 (TB)  Demikianlah TUHAN mengeraskan hati Firaun, raja Mesir itu, sehingga ia mengejar orang Israel. Tetapi orang Israel berjalan terus dipimpin oleh tangan yang dinaikkan.

Sepenggal lirik dalam lagu rohani yang berbunyi ...

Ku tak dapat jalan sendiri
Tuhan tolong anak-Mu
Biarlah tangan-Mu membimbingku
Sebab ku tak dapat jalan sendiri

Lagu tersebut diciptakan oleh Fanny Jane Crosby pada tahun 1800-an. Fanny yang mengalami kebutaan secara fisik namun mengalami perjumpaan dengan Tuhan. Semasa hidupnya ia telah menciptakan begitu banyak lagu-lagu rohani yang sangat menjadi berkat bagi dunia kekristenan. Lagu tersebut bukan saja menggambarkan secara fisik ia tidak dapat jalan sendiri karena ia buta, tetapi secara rohani bahwa kita tidak tahu akan masa depan, apa yang akan terjadi sehingga kita senantiasa membutuhkan pimpinan Tuhan dalam hidup kita.

Menarik untuk membahas kalimat dalam Keluaran 14:8b yang berbunyi "Tetapi orang Israel berjalan terus dipimpin oleh tangan yang dinaikkan."
Bangsa Israel dalam masalah yang besar dari belakang mereka dikejar oleh tentara Mesir dan rakyatnya dengan kereta berkuda, sementara di depan mereka terhampar laut Teberau yang luas dan dalam. Benar-benar dalam kondisi terjepit. Tetapi "tangan yang dinaikkan" telah memimpin mereka mengalami mujizat dan selamat dari pasukan Mesir.

Apa makna "tangan yang dinaikkan"?

1. Berserah kepada Tuhan
Seringkali kita tidak tahu jalan mana yang harus kita tempuh, apa yang akan kita perbuat. Yang bisa kita lakukan hanyalah berserah kepada Tuhan.

2. Mengandalkan Tuhan
Bangsa Israel tidak memiliki kereta maupun persenjataan bahkan tidak mempunyai pengalaman berperang. Dalam keterbatasan kita hanya bisa mengandalkan Tuhan berdasarkan riwayat pertolongan Tuhan yang telah kita alami. Kalau di masa lalu Tuhan telah menolong kita, pastilah saat ini dan masa depan Dia juga siap menolong kita.

3. Berdoa dan meninggikan Tuhan
Dalam doa kita berkomunikasi dengan Tuhan untuk mengerti apa yang Tuhan mau kita perbuat. Sedang melalui pujian dan penyembahan kita meninggikan Tuhan sebagai Tuhan dan Raja dalam kehidupan kita.
Mazmur 99:5 (TB)  Tinggikanlah TUHAN, Allah kita, dan sujudlah menyembah kepada tumpuan kaki-Nya! Kuduslah Ia!

Menjalani tahun 2019 banyak orang mengalami ketakutan dan keraguan karena masalah yang sedang mereka hadapi. Ada yang berjuang dalam mengatasi masalah keuangan, keluarga maupun kesehatan. Tetapi pagi ini kita dikuatkan bahwa Tuhan tidak pernah meninggalkan kita. Di saat kita berserah kepada Tuhan, mengandalkan Tuhan, berdoa dan meninggikan Tuhan, maka pertolongan dari Tuhan akan datang tepat pada waktu-Nya. Selamat berkarya dan Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages