Mempersembahkan Buah Sulung




Jumat, 24 Januari 2020

Bacaan Alkitab Setahun: Keluaran 22-24

Keluaran 22:29 (TB)  Janganlah lalai mempersembahkan hasil gandummu dan hasil anggurmu. Yang sulung dari anak-anakmu lelaki haruslah kaupersembahkan kepada-Ku.

Salah satu kunci menerima berkat di tahun "Greater Blessing" ini adalah memprioritaskan Tuhan dalam segala sesuatu. Kita percaya akan prinsip buah sulung, yaitu persembahan khusus di awal tahun untuk menguduskan seluruh tuaian sepanjang tahun.
Amsal 3:9-10 (TB)  Muliakanlah TUHAN dengan hartamu dan dengan hasil pertama dari segala penghasilanmu,
maka lumbung-lumbungmu akan diisi penuh sampai melimpah-limpah, dan bejana pemerahanmu akan meluap dengan air buah anggurnya.

1. Buah sulung mengajarkan sikap memprioritaskan Tuhan dalam menerima berkat.
Ketika bangsa Israel telah masuk ke Tanah Perjanjian, Tuhan mengajarkan kepada mereka untuk mempersembahkan buah sulung.
Imamat 23:10 (TB)  "Berbicaralah kepada orang Israel dan katakan kepada mereka: Apabila kamu sampai ke negeri yang akan Kuberikan kepadamu, dan kamu menuai hasilnya, maka kamu harus membawa seberkas hasil pertama dari penuaianmu kepada imam,

2. Persembahan buah sulung dipersembahkan di awal tahun sebagai tanda iman menyerahkan seluruh tuaian sepanjang tahun kepada Tuhan.
Nehemia 10:35-36 (TB)  Lagipula setiap tahun kami akan membawa ke rumah TUHAN hasil yang pertama dari tanah kami dan buah sulung segala pohon. 
Pun kami akan membawa ke rumah Allah kami, yakni kepada para imam yang menyelenggarakan kebaktian di rumah Allah kami, anak-anak sulung kami dan anak-anak sulung ternak kami seperti tertulis dalam kitab Taurat, juga anak-anak sulung lembu kami dan kambing domba kami. 

3. Nilai persembahan sulung adalah yang terbaik.
Tidak ada ketentuan jumlah, besaran atau nilai nominal dari buah sulung tetapi Tuhan menetapkan yang terbaik. Artinya tidak boleh asal-asalan, lebih dari rata-rata dan dengan iman.
Keluaran 23:19 (TB)  Yang terbaik dari buah bungaran hasil tanahmu haruslah kaubawa ke dalam rumah TUHAN, Allahmu. Janganlah kaumasak anak kambing dalam susu induknya." 
Buah bungaran adalah tuaian pertama atau yang terbaik dari hasil penuaian (berkat) yang kita terima.


Roma 11:16 (TB)  Jikalau roti sulung adalah kudus, maka seluruh adonan juga kudus, dan jikalau akar adalah kudus, maka cabang-cabang juga kudus.
Dalam bulan pertama di tahun 2020 ini marilah kita persembahkan buah sulung dari penghasilan atau berkat yang kita terima sebagai tanda iman kita memprioritaskan Tuhan dan menguduskan tuaian sepanjang tahun 2020. Greater Blessing. (Ps.BW)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages