Tulang Elisa Yang Membangkitkan



Selasa, 17 April 2018

Bacaan Alkitab Setahun: 2 Raja 13-15

2 Raja-raja 13:21 (TB)  Pada suatu kali orang sedang menguburkan mayat. Ketika mereka melihat gerombolan datang, dicampakkan merekalah mayat itu ke dalam kubur Elisa, lalu pergi. Dan demi mayat itu kena kepada tulang-tulang Elisa, maka hiduplah ia kembali dan bangun berdiri.

Pada zamannya, mayat dikuburkan di gua-gua bukan ditimbun seperti zaman sekarang. Demikian pula dengan mayat Elisa sehingga tulang-tulangnya dapat terlihat. Elisa adalah salah satu nabi yang mengadakan banyak mujizat selama hidup, jauh lebih banyak daripada Elia. Menariknya setelah ia mati, mujizat masih terjadi melalui tulang-tulangnya. Setiap mayat yang mengenai tulang-tulang Elisa menjadi hidup kembali dan bangun berdiri. Wow, yang seperti ini belum pernah terjadi.

Apa arti peristiwa tersebut?
Pada umumnya kehidupan seseorang dapat menjadi berkat selama ia hidup. Tetapi kehidupan orang percaya bisa dipakai Tuhan sesudah kematiannya. Ada peribahasa "gajah mati meninggalkan gading, manusia mati meninggalkan nama" artinya kematian seseorang yang meninggalkan harta yang tak ternilai, bukan berarti kekayaan tetapi kehidupan yang patut diteladani.

1. Kehidupan yang memberi inspirasi
Tuhan Yesus hanya sementara di dunia, ia memuridkan para rasul. Tetapi sesudah kematian-Nya, kekristenan tersebar di seluruh dunia. Karya-Nya, kasih-Nya, pengorbanan-Nya telah menjadi inspirasi seluruh dunia. Manusia bertobat dan dipulihkan karena kuasa dan inspirasi dari kehidupan Kristus. Demikian pula para rasul, tokoh Alkitab, hamba-hamba Tuhan, para pemimpin dan orang percaya dapat menjadi inspirasi selama ia hidup maupun sesudah mati.

Yohanes 11:25-26 (TB)  Jawab Yesus: "Akulah kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan hidup walaupun ia sudah mati,
dan setiap orang yang hidup dan yang percaya kepada-Ku, tidak akan mati selama-lamanya. Percayakah engkau akan hal ini?"

2. Berkat anak cucu
Sikap dan perilaku seseorang akan menurun, dicontoh oleh anak cucunya. Jika perbuatannya baik, maka anak cucunya akan berperilaku baik.
Mazmur 112:2 (TB)  Anak cucunya akan perkasa di bumi; angkatan orang benar akan diberkati.

Jonathan Edwards adalah seorang hamba Tuhan yang melayani dengan setia dan membawa seluruh keluarganya dalam takut akan Tuhan. Ia telah menjadi inspirasi, teladan dan menurunkan berkat kepada keturunannya.
Dari 1394 keturunananya ditelusuri: 295 orang lulus kuliah, 13 orang diantaranya menjadi rektor, 3 orang dipilih sebagai senator Amerika, 3 orang sebagai gubernur negara bagian, 30 orang menjadi hakim, 100 orang menjadi pengacara, 100 orang menjadi misionaris, pengkotbah dan penulis terkenal, 80 orang bekerja di kantor pemerintahan, 75 orang menjadi perwira angkatan bersenjata, 65 orang menjadi profesor, 3 orang menjadi walikota di kota-kota besar, 1 orang menjadi pengawas keuangan di departemen keuangan pemerintah, dan 1 orang menjadi wakil presiden Amerika Serikat.

Jadi apa yang dapat kita pelajari?
Hiduplah bagi Tuhan dengan segenap hati, takut akan Tuhan, giat melayani Tuhan, maka hidup Anda akan menjadi inspirasi bagi orang lain dan keturunan Anda, baik selama hidup maupun sesudah mati. Tuhan memberkati. (Ps.BW)

1 komentar:

Pages