Menghormati Hamba Tuhan



Jumat, 30 Juni 2017

Mazmur 105:15 (TB) "Jangan mengusik orang-orang yang Kuurapi, dan jangan berbuat jahat kepada nabi-nabi-Ku!"

Daud sangat menghormati orang yang diurapi Tuhan. Walaupun hidupnya sangat menderita karena dikejar-kejar Saul untuk dibunuh, tetapi Daud tetap menghormati Saul. Bahkan ketika ada kesempatan untuk membunuh Saul yang tertidur pulas, Daud tidak melakukannya, melainkan hanya memotong punca jubah Saul.

Mengapa kita harus menghormati orang-orang yang diurapi Tuhan atau nabi-nabi Tuhan?

1. Firman Tuhan ada di dalam hidupnya.
Dengan menghormati orang yang diurapi Tuhan berarti kita menghormati firman Tuhan yaitu Kristus sendiri.

2. Otoritas Tuhan dipercayakan kepada mereka.
Otoritas berarti kuasa, kepercayaan atau seorang yang menjadi duta. Menghormati mereka berarti adalah menghormati Tuhan. Tunduk kepada mereka berarti tunduk kepada Tuhan.

3. Penghakiman adalah milik Tuhan.
Bila ada orang yang diurapi Tuhan tetapi "berbuat doa/jahat" menurut kita apa yang kita lakukan? Sebaiknya kita tidak perlu memberontak sehingga mendatangkan dosa bagi kita, tetapi doakanlah agar Tuhan mengubah dan membuat orang tersebut bertobat.

4. Mereka adalah pemimpin rohani.
Bila memberontak atau melawan mereka berarti kehidupan rohani kita menjadi sakit. Kehidupan rohani kita tidak mengalami damai sejahtera dan pertumbuhan yang sehat. Hindari berbicara negatif tentang hamba Tuhan. Jauhilah kepahitan terhadap gereja maupun hamba Tuhan agar kita selalu bisa menghormati para hamba Tuhan.

Berdoalah agar gereja dijauhkan dari segala perpecahan. Iblis menyerang gereja dengan gosip, fitnah, kesombongan, keserakahan dan keduniawian sehingga hal-hal itu bisa memecah belah gereja. Gereja yang terpecah-pecah memicu jemaat untuk tidak menghormati hamba-hamba Tuhan, sehingga mendatangkan dosa bagi mereka. Together forward. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages